Beranda > Aqidah & Manhaj > Sedikit Renungan Bersama

Sedikit Renungan Bersama

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

sujud

alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, washsholaatu wassalaamu ‘alaa Rosuulillaahi wa ‘alaa aalihi wa shohbihi ajma’iin wa man tabi’ahum bi ihsaanin ilaa yaumiddiin. wa ba’du.

 

Saudaraku, tahukah atau sadarkah kita bahwasanya agama Islam yang kita anut ini adalah agama yang mengandung ajaran yang indah, sempurna, dan lengkap ???

Pernahkah kita membaca surat Al Ma’idah ayat 3 terkait hal ini ? Jika sudah, maka seberapa yakinkah kita terhadap hal tersebut ???

Saudaraku, tahukah atau sadarkah kita bahwasanya sejak kita membuka mata ketika bangun tidur hingga kita menutupkan mata kembali hendak tidur, maka di sana telah ada ajaran Islam yang mengaturnya ???

Pernahkah kita mempraktekkan adab-adab bangun tidur, adab-adab makan/minum, adab-adab ketika buang hajat, adab-adab keluar rumah, adab-adab naik kendaraan, dan seterusnya hingga adab-adab hendak tidur kembali ???

 

Saudaraku, tahukah atau sadarkah kita bahwasanya aturan yang mengatur tentang hubungan manusia dengan Robb nya, hubungan manusia dengan manusia, dan bahkan hubungan manusia dengan hewan pun ternyata juga telah ada aturannya di dalam ajaran Islam ???

Sudahkah kita mempelajari adab-adab terkait ‘ibadah (pembahasan tauhidullah, sholat, puasa, zakat, haji, dsb), adab-adab pergaulan antara anak dengan orang tua, atau suami dengan istri, atau seorang tetangga dengan tetangga lainnya, atau rakyat dengan penguasanya, atau adab ketika memelihara atau menyembelih binatang ???

 

Saudaraku, tahukah atau sadarkah kita bahwasanya ajaran agama Islam yang kita anut ini ternyata juga telah mengajarkan adab-adab terkait sifat diri kita pribadi ???

Sudahkah kita menyadari bahwasanya ajaran Islam ternyata telah mengajarkan kepada pemeluknya untuk memiliki sifat jujur, adil, berani, amanah/tanggung jawab, santun, kasih sayang, tegas, sabar, semangat tinggi, dan semisalnya ???

 

Saudaraku, tahukah atau sadarkah kita bahwasanya aturan yang mengatur sosial kemasyarakatan (dari skala terkecil hingga skala besar) pun ternyata juga telah ada di dalam ajaran Islam ???

Sudah pernahkah kita belajar tentang etika berpakaian menurut Islam, atau tentang aturan perkawinan menurut Islam, atau tentang aturan kelahiran anak, atau tentang etika pendidikan anak dan keluarga menurut Islam, atau tentang etika bermusyawarah menurut Islam, atau tentang hukum warisan menurut Islam, atau tentang etika pengurusan mayat menurut Islam, atau tentang hukum ekonomi menurut  Islam, atau tentang hukum hadd (terkait penegakan hukum pidana), atau tentang aturan berperang, atau tentang hukum utusan kenegaraan, dan semisalnya ???

 

Saudaraku, jika ternyata kita telah mengatahui bahwasanya ajaran Islam itu ternyata telah mengatur seluruh sendi kehidupan manusia mulai dari hal terkecil hingga terbesar dengan sangat indah, lengkap, dan sempurna…..maka masihkah kita membutuhkan akan ajaran-ajaran lain yang bersumber dari luar Islam ???

 

Saudaraku, jika sejak kecil hingga dewasa kita rela mengorbankan harta, tenaga, dan waktu hanya demi mempelajari ilmu-ilmu duniawi di bangku sekolah dan perguruan tinggi….maka mengapa kita tidak terbetik untuk mau “sedikit” saja berkorban dalam rangka mempelajari ajaran-ajaran Islam yang benar ???

 

Saudaraku, bukankah kita semua sama-sama telah mengatahui bahwasanya Islam merupakan satu-satunya kunci kebahagian dan keselamatan di dunia dan akhirat ???

Jika demikian, mengapa masih ada keraguan dan kemalasan dari diri kita untuk tersadarkan dari kelalain kita selama ini ???

 

Saudaraku, jika ada salah seorang dari kita yang mengalami goncangan/kehampaan/ketidakbahagiaan di dalam hidup, maka satu-satunya jalan adalah dengan kembali kepada ajaran Islam yang benar sebagaimana yang dibawa oleh Rosulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam. Marilah kita mulai untuk mau mempelajari ajaran Islam yang benar, kemudian mengamalkannya, kemudian mendakwahkannya kepada orang-orang terdekat kita, kemudian kita bersabar di atas itu semua.

 

Nas’alullahassalamah wal ‘afiyah fid dunya wal akhiroh.

Kita memohon kepada Allah keselamatan dan keterjagaan di dunia dan di akhirat.

Kategori:Aqidah & Manhaj
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: